Flutter-#3 Widget

Penjelasan

Widget merupakan Tempat meletakan informasi atau sebuah variable yang nantinya akan digunakan oleh Element Atau bisa diibaratkan seperti HTML Tag dan DOM. Ketika sebuah widget pertama kalinya di buat maka akan menyiapakan sebuah element. Element ini yang nantinya yang akan di tambahkan ke widget tree. Ketika sebuah widget di build ulang, dan jika ada perbedaan key dan runtimeType dengan widget pada build sebelumnya, maka element akan menyesuaikan dan akan melakukan update di widget tree. Yang paling penting adalah element tidak bisa di rebuild, dan hanya bisa di update saja.

Stateless Widget

Merupakan widget yang di-build hanya dengan konfigurasi yang telah diinisiasi sejak awal dan tidak memiliki state. Jadi Stateless Widget adalah Widget yang tidak memerlukan perubahan secara realtime.

Stateful Widget

Statefull Widget adalah widget yang memiliki state atau bisa mengupdate element / rebuild rebuild dirinya sendiri sesuai dengan perubahan state yang terjadi secara realtime.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>