#03-Laravel-Controller

Sama seperti framework MVC pada umumnya, laravel juga menggunakan Controller sebagai jembatan atau penghubung antara view dan model. jadi secara mudah nya, controller bisa kita pahami sebagai pengatur view dan model. controller sendiri biasanya berperan sebagai pengolah data.

Controller laravel berada di dalam folder app/Http/Controllers/. Ada 2 cara membuat controller pada laravel, dengan cara membuat file di dalam folder app/Http/Controllers/ atau menggunakan perintah php artisan dari laravel.

Cara Pertama

Kita mulai dengan cara yang pertama, yaitu membuat controller laravel dengan membuat langsung file controller barunya dalam folder controllers. di sini kita akan mengikuti format penulisan di laravel, jadi kita akan membuat nama controller nya dengan huruf besar (kapital) di awal nama controllernya.

misalnya di sini kita akan membuat controller pegawai, buat file baru dengan nama UserController.php dalam folder controllers.

<?php
namespace App\Http\Controllers;
use Illuminate\Http\Request;
class UserController extends Controller{
    //di sini isi controller user
}

perhatikan format penulisan class UserController harus sesuai dengan format.

Cara Kedua

cara kedua untuk membuat controller pada laravel ialah kita bisa membuat controller laravel dengan mudah menggunakan php artisan.

Pertama buka dulu terminal atau command prompt (CMD) teman-teman dan langsung masuk ke direktori project laravel kita, lalu ketikan perintah seperti di bawah ini :

php artisan make:controller GroupController

akan ada file baru bernama GroupController.php

Cara Menggunakan Controller Laravel

Buka file web.php yang terletak dalam folder routes. Kita akan membuat route baru lagi untuk mencoba mengakses atau memanggil controller dari route. dan tambahkan perintah berikut.

Route::get('group', 'GroupController@index');

Lalu tambahkan function berikut pada GroupController.php

public function index(){
    return "Halaman index Group Controller";
}

Buka terminal masuk ke direktori learning-laravel, jalankan perintah php artisan serve

Buka Web Browser http://127.0.0.1:8000/group maka tampilannya akan seperti berikut:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>