#24-Laravel Encrypt dan Decrypt

Encrypt dan Decrypt Laravel – Proses Encrypt dan Decrypt  yang dalam bahasa indonesia nya adalah proses enkripsi dan dekripsi merupakan proses untuk menyamarkan data dengan menggunakan algoritma. Laravel sendiri sudah menyediakan fitur untuk membuat proses enkripsi dan dekripsi.

Enkripsi Laravel menggunakan OpenSSL untuk menyediakan enkripsi AES-256 dan AES-128. dengan fitur Encrypt dan Decrypt dari laravel ini, bisa kita gunakan untuk membuat enkripsi berbagai data termasuk membuat enkripsi URL website atau sistem yang teman-teman buat.

Yuk kita bahas lebih lanjut.

Jika teman-teman membaca turorial laravel sebelumnya, tentang membuat login dengan laravel, pasti teman-teman melihat password user yang dienkripsi. itu adalah salah satu kegunaan enkripsi dalam pembuatan aplikasi. jadi kita bisa menyamarkan atau merahasiakan data yang bersifat sensitif. agar tidak mudah terbaca ke publik.

Untuk mulai mengikuti tutorial cara membuat enkripsi dan dekripsi dengan laravel, silahkan teman-teman perhatikan pembahasan berikut.

Sebagai contoh, buatlah sebuah controller baru dengan nama terserah teman-teman. pada tutorial Encrypt dan Decrypt Laravel ini, saya akan membuat sebuah controller baru dengan nama DikiController.php.

Supaya menghemat waktu, kita bisa membuat controller dengan php artisan. masuk ke project laravel teman-teman melalui CMD atau terminal, kemudian ketik perintah artisan berikut.

php artisan make:controller EndeController

app/Http/Controllers/EndeController.php

<?php

namespace App\Http\Controllers;

use Illuminate\Http\Request;
use Illuminate\Support\Facades\Crypt;

class EndeController extends Controller
{
    public function index()
    {
    	$encrypted = Crypt::encryptString('ombagoes.com');
		$decrypted = Crypt::decryptString($encrypted);
 
		echo "Hasil Enkripsi : " . $encrypted;
		echo "<br/>";
		echo "<br/>";
		echo "Hasil Dekripsi : " . $decrypted;
    }
}

Perhatikan pada contoh penggunaan fungsi encrypt dan decrypt di atas. untuk menggunakan fungsi encrypt dan decrypt laravel, kita wajib memanggil terlebih dulu Facade Crypt.

use Illuminate\Support\Facades\Crypt;

Baru kemudian kita bisa menggunakan fungsi encrypt dan decrypt untuk membuat enkripsi dan dekripsi data di laravel.

Selanjutnya perhatikan pada function enkripsi(). untuk membuat enkripsi kita bisa menggunakan method Crypt::encryptString(). dengan memasukkan data yang ingin dienkripsi di dalam parameter method ini.

Untuk mendekripsi kita bisa menggunakan method Crypt::decryptString(). dengan memasukkan hasil enkripsi data yang ingin didekripsi.

Buat Route

routes/web.php

Route::get('/ende', 'EndeController@index');

app/Http/Controllers/DikiController.php

Sekarang lihat hasilnya dengan menjaankan project laravel kita

http://localhost:8000/ende

Encrypt Decrypt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>