#23-Laravel Membuat Reset Password Via Email

Reset Password Laravel Via Email – Sebelumnya kita telah belajar tentang cara membuat login dan register pada laravel, pada tutorial ini kita akan melanjutkan tutorial laravel sebelumnya, masih tentang fitur login.

Jika teman-teman memiliki akun facebook, github, twitter dan website lainnya, pada saat login teman-teman pasti pernah melihat link “Lupa Password” yang biasanya terletak di halaman login website-website tersebut.

Bahkan pasti teman-teman pernah menggunakan fitur tersebut untuk me-reset password pada saat teman-teman lupa password.

Dimana nantinya akan dikirimkan email konfirmasi reset password ke email teman-teman secara otomatis untuk mengubah password atau menginput password baru teman-teman.

Nah, di laravel sudah ada fitur untuk membuat reset password via email dengan mudah dan cepat seperti website-website tersebut.

Reset Password Link

Mailtrap.io

Selanjutnya kita akan langsung belajar bagaimana membuat fitur reset password atau fitur lupa password via email.

Sebenarnya segala sesuatunya sudah dipersiapkan dengan lengkap oleh laravel, hanya saja sistem kita belum bisa mengirimkan email konfirmasi reset password secara otomatis ke client/user. karena kita belum menghubungkan project kita dengan mail service.

Untuk itu kita perlu SMTP server. SMTP adalah singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol. SMTP digunakan untuk mengirim komunikasi ke server. untuk mengirimkan email ke penerima.

Untuk percobaan, kita bisa menggunakan Mailtrap.io secara gratis.

Mailtrap adalah fake SMTP server untuk percobaan. kita bisa menggunakan mailtrap untuk membuat simulasi percobaan pengiriman dan penerimaan email pada saat proses pengembangan aplikasi atau website. sebelum akhirnya aplikasi atau website kita benar-benar di publis.

Bagaimana cara menggunakan mailtrap? simak penjelasan berikut.

Mendaftar Di Mailtrap.io

Untuk menggunakan mailtrap, silahkan teman-teman mendaftar di situs resminya. yaitu https://mailtrap.io/.

setelah teregister masuk page inbox lalu kita akan mendapatkan info smtp setting sbb :

Mailtrap

Nah, username dan password inilah yang akan kita masukkan ke project laravel kita untuk menghubungkan project laravel dengan mailtrap.

Buka file .env. dan isikan username dan password SMTP yang teman-teman dapatkan dari mailtrap.

Konfigurasi Mailtrap Di Laravel

.env

MAIL_DRIVER=smtp
MAIL_HOST=smtp.mailtrap.io
MAIL_PORT=2525
MAIL_USERNAME=sesuaikan
MAIL_PASSWORD=sesuaikan
MAIL_ENCRYPTION=null

sesuaikan username dan password dari mailtrap.io. restart service php artisan serve jika sedang berjalan.

Bukan cuma digunakan untuk percobaan pengiriman email reset password, mailtrap juga bisa kita gunakan untuk membuat percobaan pengiriman email broadcastnotification dan lain-lain.

Ingat sekali lagi, mailtrap hanya sebagai tempat percobaan pengiriman email dari sistem kita, setelah nantinya aplikasi atau website kita dipublish, kita bisa menggunakan SMTP server lainnya seperti gmail, atau server teman-teman sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>